Thursday 8 March 2012

~* KHUTBAH JUM'AT (PESAN RASULULLAH) *~

Assalaamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,


Bismillaahir Rahmaanir Rahiim..


Kali ini saya ingin berbagi sesuatu yang saya dapat dari khutbah jumat di Masjid Al_Ikhsan Pare. Alhamdulillah tadi jum'at tidak ngantuk hehe jadi bisa dengar khutbahnya. Tadi khotib membacakan sebuah hadits yang saya tidak hapal tentunya hehe yang menceruitakan pada suatu ketika Nabi Muhammad Saw bertanya pada sahabatnya, siapa yang mau mengamalkan? sahabat Abu Hurairah ra yang berada di sebelah Nabi mengangkat tangan dan menjawab, saya ya rasulullah. kemudian Rasulullah memegan tangan Abu Hurairah ra, amalkanlah atau sampaikan kepada orang yang mau mengamalkannya, yaitu:
  1. jauhilah sesuatu yang dilarang oleh Allah swt. khotib mengatakan kalau menjauhi itu lebih sulit dari pada mengerjakan sesuatu yang diperintah. dengan menjauhi larangan larangan Allah swt khotib mengatakan menjadikan kita semakin takut kepada Allah swt dan semakin mudah mengerjakan yang diperintahkan..
  2. ridho akan rizki yang diberikan Allah swt kepada kita. khotib mengatakan rizki itu tidak perlu dicari dengan terlalu menggebu gebu tapi dengan ikhtiyar secukupnya karena rizki sama seperti maut yang senantiasa mendatangi kita. tidak usah dipaksakan, kalau itu memang bukan rizki yang diberikan kepada kita rizki itu tidak akan mungkin kita peroleh..
  3. berbaik baik dengan tetangga. nabi bersumpah, waallahi la yu’minu waallahi la yu’minu waallahi la yu’minu (tidak beriman 3x) sehingga seorang sahabat bertanya siapa yang tidak beriman ya rasullah? nabi menjawab yaitu orang yang tetangganya merasa tidak aman karena kelakuannya..
  4. yang ke 4 ini saya lupa lupa ingat, yaa biasa..hehe.. orang banyak dosanya seperti saya ini sulit untuk cepat tanggap hanya saja yang saya ingat intinya jika tidak ingin disakiti jangan menyakiti, jika ingin dihormati hormati orang, jika ingin dibantu saat saat membutuhkan bantu orang yang membutuhkan..
  5. jangan banyak tertawa karena banyak tertawa mematikan hati, khotib juga mengatakan bukan berarti kita tidak boleh tertawa dan sediih terus karena sedih terus juga tidak baik. rasulullah menyuruh kita untu selalu berwajah ceria..



yaa,. ini isi khotbah yang saya tangkap. jika saya tidak mampu menjadi orang yang mengamalkanya semua dengan baik (tetap berusaha tentunya) mudah mudahan dengan tulisan ini ada orang yang bisa mengamalkannya..
Allahumma Aamiin.. ^_^☺*•♫.•♥.•*¨:*•

No comments:

Post a Comment