Sunday 1 April 2012

~```,,KEBOHONGAN,,``~


Assalaamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh..
 
Bismillaahir Rahmaanir Rahiim..

 
Sahabat Saudaraku Fillah..
 
Ketahuilah Bahwasanya.. Semakin sering kita berdusta semakin lihai dan enteng pula kita melakukannya. Bahkan tanpa disadari berdusta bisa menjadi hobby.
Yang menarik seperti kata Prof Hakim, Koordinator Kopertis Wilayah IV, tingkatan tertinggi dalam berdusta adalah ketika kita sudah berhasil mendustai orang lain mulai berniat dan berhasil mendustai diri sendiri. Yaa, banyak yang ketagihan, karena modalnya hanya keberanian dan kata-kata.Tidak terbayangkan parahnya hoby yang satu ini.

Tapi Seperti kata pepatah :
Sepintar-pintar menyembunyikan bangkai, satu saat tercium juga.
Artinya;
kebohongan atau dusta itu akan terbongkar satu saat dan selihai apapun seseorang berdusta sekali kali pasti akan ketahuan.
 
Jadi berhati-hatilah jika punya hoby berdusta karena satu saat akan kena batunya. Semakin lihai dan semakin sering kita berdusta, semakin kurang berhati-hati dalam merangkainya dan semakin anggap enteng pula kepada calon korbannya. Sebaliknya, semakin seseorang didustai, semakin hati hati dia terhadap anda.

Tidak semua yang benar itu harus dikatakan, tetapi ketika engkau mengatakan sesuatu, katakanlah yang benar. Artinya kalau kita tidak menyampaikan sesuatu kebenaran kita tidak berdusta, tetapi dengan alasan kearifan atas dasar pertimbangan bahwa mudaratnya lebih besar daripada manfaatnya jika dikatakan. Sebaliknya, jangan katakan sesuatu yang tidak benar kalau harus menyampaikannya.

Rasulullah Saw pernah bersabda dalam sebuah hadits.. yang Insya Allah artinya:
"Seseorang yang di robek-robek mulutnya adalah seorang pendusta yang berdusta dengan perkataan dustanya yang ia bawa-bawa kedustaan itu sampai ke ufuq.
(Al-Bukhari)


Semoga Allah Swt membimbing kita untuk senantiasa bijaksana dalam berbicara dan menghindari dusta terutama dusta kepada diri sendiri..
Allahumma Aamiin..



^_^.

No comments:

Post a Comment